Film Aksi Paling Berpengaruh Sepanjang Masa

Film Aksi Paling Berpengaruh Sepanjang Masa

Film Aksi Paling Berpengaruh Sepanjang Masa – Genre film aksi telah memberikan sensasi dan kegembiraan kepada penonton sejak hari-hari awal bisnis film. Selama beberapa dekade, film telah banyak berubah dari jenis pahlawan hingga efek khusus hingga ruang lingkup petualangan.

Ada daftar panjang film yang dianggap sebagai film aksi terbaik sepanjang masa, tetapi hanya sedikit yang bisa mengklaim telah mengubah genre. Film-film ini memengaruhi peniru hebat dan peniru yang tidak terlalu hebat yang mengikuti dan menunjukkan kepada penonton, serta sesama pembuat film, sesuatu yang baru yang bisa dilakukan dalam film aksi.

The General (1926)

Orang tidak sering melihat film bisu sebagai wahana menegangkan yang penuh aksi, tetapi tanpa dialog untuk menceritakan kisah mereka, film-film awal ini menampilkan beberapa pemain fisik terbaik sepanjang masa. Buster Keaton umumnya dianggap sebagai salah satu yang hebat dari format ini, dan filmnya The General adalah mahakarya sejati. joker888

Melihat kembali hari ini, masih menakjubkan apa yang bisa dicapai Keaton. Dia menunjukkan kesenangan luar biasa yang dapat diberikan oleh rangkaian aksi dan tontonan aksi luar biasa, yang semuanya dilakukan oleh Keaton sendiri.

The Adventures Of Robin Hood (1938)

Robin Hood adalah karakter yang tampaknya muak dilihat oleh penonton di layar lebar karena mereka telah menonton petualangannya selama beberapa dekade. Tetapi ketika Errol Flynn mengambil peran legendaris dalam The Adventures of Robin Hood, itu adalah jenis petualangan baru bagi penonton bioskop pada saat itu.

Film ini membantu meluncurkan subgenre “swashbuckling” dari film-film yang telah populer sejak saat itu. Itu diikuti oleh epos Hollywood lainnya dengan pahlawan gagah dan petualangan mendebarkan dalam skala besar.

Seven Samurai (1954)

Pembuat film terkenal Jepang Akira Kurosawa dipandang sebagai salah satu pembuat film terbesar sepanjang masa dan filmnya telah menginspirasi seniman lain dari berbagai generasi. Film petualangannya yang luar biasa Seven Samurai berdiri sebagai contoh utama kontribusinya terhadap bisnis.

Sudah jelas bagaimana film ini memengaruhi pembuatan ulang Baratnya, The Magnificent Seven, tetapi jauh melampaui itu. Film aksi lainnya tentang tim pejuang dalam sebuah misi, dari The Dirty Dozen hingga Saving Private Ryan, berutang sesuatu pada film Kurosawa.

Goldfinger (1964)

Meskipun waralaba James Bond dimulai dengan Dr. No, film ketiga dalam seri, Goldfinger, terasa seperti film yang lebih berpengaruh dalam retrospeksi. Ini membantu membangun formula film-film ini yang diikuti selama bertahun-tahun, dari lagu pembuka hingga gadis-gadis Bond hingga penjahat yang tak terlupakan.

Tapi bukan hanya film Bond yang mendapat inspirasi dari Goldfinger. Film ini membantu membangun getaran dan gaya seluruh genre mata-mata selama bertahun-tahun. Ada campuran kelas halus dan aksi seru yang coba ditiru oleh banyak film lain.

Bullitt (1968)

Hollywood mulai melihat perubahan dalam pembuatan filmnya menjelang akhir tahun 1960-an. Pendekatan Old Hollywood yang lebih konservatif digantikan dengan para pembuat film muda yang menceritakan kisah-kisah yang lebih berisiko dan lebih tajam. Sementara ini terlihat dalam banyak genre yang berbeda, itu didefinisikan dalam film aksi dengan Bullitt.

Steve McQueen mengukuhkan reputasinya sebagai salah satu aktor paling keren di era itu dalam kisah detektif yang membumi dan kejam ini. Film ini membantu menciptakan karakter detektif keras kepala yang kemudian terlihat di Dirty Harry dan The French Connection serta memberikan kejar-kejaran mobil yang masih dilihat sebagai urutan aksi terobosan.

Enter The Dragon (1973)

Meskipun dia jelas terlihat sebagai ikon hari ini, sulit untuk memahami betapa menariknya seorang bintang Bruce Lee ketika dia pertama kali diperkenalkan ke Hollywood. One man and one movie membantu mempopulerkan seni bela diri di Amerika, belum lagi dalam genre aksi.

Sejak Enter the Dragon dirilis, pertarungan semacam ini telah dimasukkan dan diperluas dalam film aksi yang tak terhitung jumlahnya. Pengaruhnya bahkan dapat dilihat di film MCU mendatang Shang-Chi sementara Lee sendiri membuka jalan bagi bintang-bintang seperti Jackie Chan dan Jet Li.

48 Hrs. (1982)

Meskipun itu bukan film aksi sobat pertama, 48 Hrs. benar-benar menetapkan template untuk jenis film seperti ini. Pasangan aneh Nick Nolte dan Eddie Murphy langsung membuat penasaran dan itu cocok untuk beberapa komedi bolak-balik yang lucu, yang pada gilirannya dicampur dengan aksi yang mengasyikkan.

The Falcon and the Winter Soldier hanyalah proyek Hollywood terbaru yang menunjukkan 48 Hrs. sebagai inspirasi. Tidak hanya pertengkaran yang memimpin produk dari film itu tetapi juga seluruh genre aksi-komedi karena terbukti betapa menyenangkannya memadukan elemen-elemen ini.

Die Hard (1988)

Film Aksi Paling Berpengaruh Sepanjang Masa

Fakta bahwa Die Hard melahirkan subgenre film aksinya sendiri membuktikan betapa berpengaruhnya film tersebut. Kecepatan disebut sebagai “Die Hard on a bus”. Air Force One disebut sebagai “Die Hard on a plane”. Itu berbicara tentang seberapa efektif premis yang dimiliki film dan bagaimana hal itu cocok dengan genre.

Selain pengaturan Die Hard yang sangat berpengaruh, ini juga membawa sikap baru pada genre ini. John McClane bukanlah pahlawan aksi yang jelas seperti yang dimainkan Arnold Schwarzenegger dan Sylvester Stallone. Dia adalah orang biasa yang cacat, dia sering dipukuli, dan dia benar-benar berharap orang lain bisa menyelamatkan hari ini daripada dia. Pahlawan aksi yang relatable telah lahir.

Hard-Boiled (1992)

Jauh sebelum dia mulai membuat film aksi di Amerika, seperti Face/Off, John Woo telah menginspirasi para pembuat film Amerika dengan film aksinya di Hong Kong. Hard-Boiled sering dilihat sebagai karya terbaiknya, dan ini adalah perjalanan yang liar, panik, dan menyenangkan tanpa henti.

Quentin Tarantino sering berbicara tentang pengaruh pekerjaan Woo dan itu lebih berdampak daripada yang mungkin disadari beberapa orang. Faktanya, karya Woo di Hong Kong lebih bertanggung jawab atas masuknya film aksi pada 1990-an daripada film Amerika mana pun.

Spider-Man 2 (2004)

Tidak mungkin membicarakan genre film aksi tanpa mengakui bagaimana film superhero telah mengubahnya. Meskipun ada banyak yang datang sebelumnya, Spider-Man 2 membuktikan bahwa film-film ini tidak hanya dapat menghasilkan ratusan juta dolar di box office, tetapi juga bisa lebih baik daripada yang diperkirakan kebanyakan orang.

Spider-Man 2 berhasil menceritakan kisah yang memuaskan secara emosional dengan karakter yang menarik dan banyak humor sambil juga menunjukkan urutan aksi yang menakjubkan yang dapat dilakukan dalam cerita yang lebih besar dari kehidupan ini. MCU berutang banyak pada film ini.